Mengenal dan Cara Pemesanan Bibit Unggul



Mengenal Bahan Tanaman Unggul Kelapa Sawit

Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan pembibitan, tentunya pemilihan bahan tanaman yang memiliki kualitas unttul merupakan salah satu faktor utama keberhasilan dalam pengusahaan tanaman kelapa sawit yang memiliki kualitas yang baik dihasilkan melalui persilangan terkontrol antara tetua dura dan tetua psfera. Dari hasil persilangan terkontrol tersebut akan dihasilkan tanaman kelapa sawit berjenis tenera, yang memiliki keunggulan dalam produktivitas minyak dibandingkan tetuanya. Kecambah yang berkualitas memiliki mutu fisik, fisiologi dan mutu genetik yang baik. Lalu muncul pertanyaan bagaimana membedakan bibit yang asli dari produsen benih dengan bibit yang palsu? Bagi seorang ahli sekalipun, akan mengalami kesulitan membedakan benih asli (unggul) atau palsu jika hanya melihat visual benihnya. Asli atau tidaknya benih akan terlihat setelah benih tersebut ditanam dan menghasilkan buah. Oleh karena itu cara yang paling gampang untuk memperoleh benih unggul adalah dengan membelinya langsung ke sumber yang resmi yang ditunjuk oleh Pemerintah. Masalahnya bagaimana caranya untuk memperoleh benih-benih unggul tersebut.

PPKS sebagai produsen benih kelapa sawit yang pertama dan salah satu yang terbesar saat ini telah menghasilkan 12 varietas kelapa sawit dengan masing-masing keunggulannya.  Cara pemesanan kecambah di PPKS cukup gampang, bagi calon pemberi perorangan cukup membuat permohonan dengan menyertakan foto copy identitas diri dan surat keterangan kepemilikan lahan dari lurah/ kepala desa setempat. Sedangkan untuk perusahaan , membuat surat permohonan dari perusahaan yang disertai dengan surat keterangan persetujuan penyaluran benih (SP2MB) dari dinas pekebunan setempat. SP2MB ini diwajbkan bagi pemesanan diatas 1.000 butir, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kecambah. Setelah memenuhi syarat-syarat tersebut, pemesan langsung saja datang ke bagian pemasaran PPKS.

Tips Aman mendapatkan benih kelapa sawit unggul

  1. Belilah kecambah/ bibit pada produsen yang sudah ditunjuk pemerinntah sebagai produsen benih kelapa sawit, salah satunya PPKS. Usahakan datang sendiri, dan jangan pernah diwakilkan
  2.  Jangan pernah percaya dengan calo ataupun orang dalam yang mengaku dapat mengeluarkan benih lewat “jalan belakang”. Sekali anda percaya, seterusnya anda akan tertipu
  3. Setiap kecambah afkir yang ada di PPKS selalu dimusnahkan dan disaksikan oleh pejabat PPKS, jadi jangan pernah percaya pada pihak yang mengaku dapat menjual benih afkir dengan harga murah.


Persyaratan Pembelian Kecambah Kelapa Sawit di PPKS

  • A.    Perorangan

-          Membuat surat permohonan atas nama pribadi
-     Maksimal pemesanan 1.000 butir, bila lebih dari 1.000 benih maka harus melampirkan Surat Persetujuan Penyaluran Benih ( SP2MB) dari Disbun setempat.
-          Surat Keterangan kepemilikan lahan dari lurah/ kades setempat.
-          Foto Copy SIM/ KTP yang masih berlaku.

  • B.     Perusahaan

-          Membuat surat permohonan dari perusahaan, dan
-          Melampirkan SP2MB